Kamis, 16 Oktober 2014

RENCANA STRATEGIS PERUSAHAAN


RENCANA STRATEGIS PERUSAHAAN
A.    PENGERTIAN PERENCANAAN STRATEGIS
Perencanaan strategis adalah proses yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi atau arahan, serta mengambil keputusan untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal dan sumber daya manusia) untuk mencapai strategi ini. Tujuan strategi adalah keuntungan kompetitif yang dapat dipertahankan, yang dapat muncul dari bagian maupundari kegiatan organisasi.Berbagai teknik analisis bisnis dapat dgunakan dalam proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats), PEST (Political, Economic, Social, Technological), atau STEER (Socio-cultural, Technological, Economic, Ecological, Regulatory).Perencanaan Strategis ( Strategic Planning ) adalah sebuah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan, sehingga rencana strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat digunakan organisasi dari kondisi saat ini untuk mereka bekerja menuju 5 sampai 10 tahun ke depan ( Kerzner , 2001 )
Untuk mencapai sebuah strategy yang telah ditetapkan oleh organisasi dalam rangka mempunyai keunggulan kompetitif, maka para pimpinan perusahaan, manajer operasi, haruslah bekerja dalam sebuah sistem yang ada pada proses perencanaan strategis / strategic planning. Perencanaan strategis secara eksplisit berhubungan dengan manajemen perubahan, hal ini telah menjadi hasil penelitian beberapa ahli (e.g., Ansoff, 1965; Anthony,1965; Lorange, 1980; Steiner, 1979). Lorange (1980), menuliskan, bahwa strategic planning adalah kegiatan yang mencakup serangkaian proses dari inovasi dan mengubah perusahaan, sehingga apabila strategic planning tidak mendukung inovasi dan perubahan, maka itu adalah kegagalan.Tiga alasan pentingnya perencanaan strategis:
1.        Perencaan strategi memberikan kerangka dasar bagi perencanaan-perencanaan lainnya.
2.        Pemahaman terhadap perencanaan strategis akan mempermudah pemahaman bentuk perencanaan lainnya.
3.        Perencanaan strategis merupakan titik permulaan bagi penilaian kegiatan manajer dan organisasi.



PERAN PERANAN STRATEGIS
1.     Menentukan batasan usaha /bisnis.
Memilih fokus bidang usaha yang akan dikembangkan yang didasarkan pada semua lapisan manajemen.
2.       Memberikan arah perusahaan.
Menentukan batasan usaha dan arah perusahaan merupakan dua sisi dari satu mata uang yang mendasari atau dihasilkan. Kedua hal itu merupakan dasar penyusunan priorotas tindakan dan kebijakan perusahaan dalam menghadapi perubahan lingkungan.
3.       Mengarahkan dan membentuk kultur perusahaan.
Rencana strategis menunjang pengarahan dan pembentukan budaya lewat proses interaksi, tawar-menawar, atau komunikasi timbal balik.
4.      Menjaga kebijakan yang taat asas dan sesuai.
5.      Menjaga fleksibilitas dan stabilitas operasi.
6.       Memudahkan penyusunan rencana kegiatan dan anggaran tahunan.

TAHAP DAN KERANGKA PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS
  • Perumusan misi perusahaan;
  • Analisis keunggulan, kelemahan, kesempatan dan ancaman (SWOT);
  • Penentuan arah, sasaran dan strategi;
  • Identifikasi program dan proyeksi keuangan.

MODEL PROSES MANAJEMEN STRATEGIS
Hax dan Majluf (1984) membedakan dua macam proses manajemen strategis, yaitu tingkat unit usaha (business) dan badan usaha (corporate).
1.       Business Strategic Planning:
  • Misi unit usaha.
  • Perumusan strategi usaha dan program menyeluruh.
  • Perumusan dan evaluasi program khusus.
  • Alokasi sumberdaya dan pengukuran kinerja untuk pengendalian manajemen.
  • Penganggaran tingkat unit usaha.
  • Pengesahan penganggaran dari dana strategis dan operasional.
2.       Corporate Strategic Planning:
  • Visi badan usaha.
  • Postur strategis dan pedoman perencanaan.
  • Misi unit usaha.
  • Perumusan strategi dan program kerja menyeluruh.
  • Perumusan strategi fungsional.
  • Konsolidasi atas strategi unit usaha dan strategi fungsional.
  • Penentuan dan evaluasi program kerja khusus unit usaha.
  • Penentuan dan evaluasi program kerja khusus fungsional.
  • Alokasi sumberdaya dan penentuan pengukuran kinerja.
  • Penganggaran tingkat unit usaha.
  • Penganggaran tingkat fungsional.
  • Konsolisasi penganggaran dan pengesahan dana strategis dan operasional.
3.       Model perencanaan strategis menurut Pearce II dan Robinson (1988) tidak membedakan antara perencanaan strategis untuk unit usaha dan badan usaha.
  • Company mission.
  • Company profile.
  • External environment.
  • Strategic analysis and choice.
  • Long term objective
  • Grand strategy (rencana kegiatan utama dan komprehensif).
  • Annual objectives
  • Functional strategies.
  • Policies

ANALISIS SWOT OVERALL TUJUAN ANALISIS
Untuk memberikan gambaran hasil analisis keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman perusahaan secara menyeluruh yang digunakan sebagai dasar atau landasan penyusunan objective dan strategi perusahaan dalam corporate planning.
1.        RUANG LINGKUP
i).         Lingkungan.
ii).        Keadaan intern perusahaan
iii).     Peramalan
2.        JENIS DAN SUMBER INFORMASI
i).       Intern    :  data perusahaan dan data dan informasi yang dikumpulkan perusahaan
ii).      Ekstern : data sekunder, data dan informasi yang diperoleh dari hasil survai atau pengamatan.
3.        PROSES DAN PERALATAAN ANALISIS
i).       Analisis Lingkungan:
(1)   Ekonomi (business cycle, inflasi dan deflasi, kebijakan moneter, neraca pembayaran.
(2)   Pemerintah/perundang-undangan (pusat dan daerah, pemerintah pembeli terbesar, subsidi, perlindungan industri, kebijakan pemerintah).
(3)   Pasar/saingan (perubahan struktur kependudukan, distribusi pendapatan, alur hidup produk/layanan, kemudahan akses masuk, rintangan masuk).
(4)   Teknologi (bahan baku, cost of labor, sub-assemblies, dan perubahan teknologi).
(5)   Geographies (lokasi, nusantara)
(6)   Sosial budaya (cita rasa, nilai yang beruang).
ii).      Analisis Keadaan Intern Perusahaan:
(1)   Organisasi (misi, maksud, dan tujuan; Sarana/fasilitas dan teknologi yang dimiliki; Sistem dan prosedur kerja).
(2)   Fungsi perusahaan (produksi, pemasaran, keuangan, personalia – SDM).
4.   PERALATAN ANALISIS :
i).        Peramalan
ii).      Arti dan peranan peramalan (REPO: rasional, estimate, preparasi, dan operasional).
iii).    Ruang lingkup peramalan.
iv).    Langkah peramalan.
v).     Teknik dan metode peramalan.
vi).    Contoh peramalan



CONTOH RENCANA STRATEGIS PT. DANONE AQUA
VISI     :
AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai npelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.
MISI    :
    AQUA selalu ingin melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, di antaranya program AKSI ( AQUA untuk keluarga sehat Indonesia) dan AUAI (AQUA untuk anak Indonesia).

6 komentar:

  1. sambungannya mana?
    sambungannya mana?
    sambungannya mana?
    sambungannya mana?
    sambungannya mana?
    sambungannya mana?
    sambungannya mana?
    sambungannya mana?
    sambungannya mana?
    sambungannya mana?
    sambungannya mana?

    BalasHapus
  2. merit casino review【WG】nba league betting odds
    【nba league betting odds】,nba league betting odds 메리트카지노 today,nba league betting odds,nba league betting odds,nba league betting 메리트 카지노 고객센터 tips,best team 바카라 사이트

    BalasHapus