RENCANA
STRATEGIS PERUSAHAAN
A.
PENGERTIAN PERENCANAAN STRATEGIS
Perencanaan strategis
adalah proses
yang dilakukan suatu organisasi untuk menentukan strategi
atau arahan, serta mengambil keputusan
untuk mengalokasikan sumber dayanya (termasuk modal
dan sumber daya manusia)
untuk mencapai strategi ini. Tujuan strategi adalah keuntungan kompetitif yang
dapat dipertahankan, yang dapat muncul dari bagian maupundari kegiatan
organisasi.Berbagai teknik analisis bisnis dapat dgunakan
dalam proses ini, termasuk analisis SWOT (Strengths,
Weaknesses, Opportunities, Threats), PEST (Political, Economic, Social,
Technological), atau STEER (Socio-cultural, Technological,
Economic, Ecological, Regulatory).Perencanaan Strategis ( Strategic
Planning ) adalah sebuah alat manajemen yang digunakan untuk mengelola
kondisi saat ini untuk melakukan proyeksi kondisi pada masa depan, sehingga
rencana strategis adalah sebuah petunjuk yang dapat digunakan organisasi dari
kondisi saat ini untuk mereka bekerja menuju 5 sampai 10 tahun ke depan (
Kerzner , 2001 )
Untuk mencapai
sebuah strategy yang telah ditetapkan oleh organisasi dalam rangka mempunyai
keunggulan kompetitif, maka para pimpinan perusahaan, manajer operasi, haruslah
bekerja dalam sebuah sistem yang ada pada proses perencanaan strategis /
strategic planning. Perencanaan strategis secara eksplisit berhubungan dengan
manajemen perubahan, hal ini telah menjadi hasil penelitian beberapa ahli
(e.g., Ansoff, 1965; Anthony,1965; Lorange, 1980; Steiner, 1979). Lorange
(1980), menuliskan, bahwa strategic planning adalah kegiatan yang mencakup
serangkaian proses dari inovasi dan mengubah perusahaan, sehingga apabila
strategic planning tidak mendukung inovasi dan perubahan, maka itu adalah
kegagalan.Tiga alasan pentingnya perencanaan strategis:
1.
Perencaan strategi memberikan kerangka
dasar bagi perencanaan-perencanaan lainnya.
2.
Pemahaman terhadap perencanaan strategis
akan mempermudah pemahaman bentuk perencanaan lainnya.
3.
Perencanaan strategis merupakan titik
permulaan bagi penilaian kegiatan manajer dan organisasi.
PERAN
PERANAN STRATEGIS
1.
Menentukan
batasan usaha /bisnis.
Memilih
fokus bidang usaha yang akan dikembangkan yang didasarkan pada semua lapisan
manajemen.
2.
Memberikan
arah perusahaan.
Menentukan
batasan usaha dan arah perusahaan merupakan dua sisi dari satu mata uang yang
mendasari atau dihasilkan. Kedua hal itu merupakan dasar penyusunan priorotas
tindakan dan kebijakan perusahaan dalam menghadapi perubahan lingkungan.
3.
Mengarahkan dan
membentuk kultur perusahaan.
Rencana
strategis menunjang pengarahan dan pembentukan budaya lewat proses interaksi, tawar-menawar,
atau komunikasi timbal balik.
4.
Menjaga
kebijakan yang taat asas dan sesuai.
5. Menjaga fleksibilitas dan stabilitas operasi.
6. Memudahkan
penyusunan rencana kegiatan dan anggaran tahunan.
TAHAP DAN KERANGKA PENYUSUNAN RENCANA STRATEGIS
- Perumusan misi perusahaan;
- Analisis keunggulan, kelemahan, kesempatan dan ancaman (SWOT);
- Penentuan arah, sasaran dan strategi;
- Identifikasi program dan proyeksi keuangan.
MODEL PROSES MANAJEMEN STRATEGIS
Hax
dan Majluf (1984) membedakan dua macam proses manajemen strategis, yaitu
tingkat unit usaha (business) dan badan usaha (corporate).
1.
Business
Strategic Planning:
- Misi unit usaha.
- Perumusan strategi usaha dan program menyeluruh.
- Perumusan dan evaluasi program khusus.
- Alokasi sumberdaya dan pengukuran kinerja untuk pengendalian manajemen.
- Penganggaran tingkat unit usaha.
- Pengesahan penganggaran dari dana strategis dan operasional.
2.
Corporate
Strategic Planning:
- Visi badan usaha.
- Postur strategis dan pedoman perencanaan.
- Misi unit usaha.
- Perumusan strategi dan program kerja menyeluruh.
- Perumusan strategi fungsional.
- Konsolidasi atas strategi unit usaha dan strategi fungsional.
- Penentuan dan evaluasi program kerja khusus unit usaha.
- Penentuan dan evaluasi program kerja khusus fungsional.
- Alokasi sumberdaya dan penentuan pengukuran kinerja.
- Penganggaran tingkat unit usaha.
- Penganggaran tingkat fungsional.
- Konsolisasi penganggaran dan pengesahan dana strategis dan operasional.
3.
Model perencanaan strategis menurut
Pearce II dan Robinson (1988) tidak membedakan antara perencanaan strategis
untuk unit usaha dan badan usaha.
- Company mission.
- Company profile.
- External environment.
- Strategic analysis and choice.
- Long term objective
- Grand strategy (rencana kegiatan utama dan komprehensif).
- Annual objectives
- Functional strategies.
- Policies
ANALISIS SWOT OVERALL TUJUAN ANALISIS
Untuk
memberikan gambaran hasil analisis keunggulan, kelemahan, peluang dan ancaman
perusahaan secara menyeluruh yang digunakan sebagai dasar atau landasan
penyusunan objective dan strategi perusahaan dalam corporate planning.
1.
RUANG LINGKUP
i).
Lingkungan.
ii).
Keadaan intern perusahaan
iii).
Peramalan
2.
JENIS DAN
SUMBER INFORMASI
i).
Intern :
data perusahaan dan data dan informasi yang dikumpulkan perusahaan
ii).
Ekstern : data sekunder, data dan
informasi yang diperoleh dari hasil survai atau pengamatan.
3.
PROSES DAN
PERALATAAN ANALISIS
i).
Analisis Lingkungan:
(1)
Ekonomi (business cycle, inflasi dan
deflasi, kebijakan moneter, neraca pembayaran.
(2)
Pemerintah/perundang-undangan (pusat
dan daerah, pemerintah pembeli terbesar, subsidi, perlindungan industri,
kebijakan pemerintah).
(3)
Pasar/saingan (perubahan struktur
kependudukan, distribusi pendapatan, alur hidup produk/layanan, kemudahan akses
masuk, rintangan masuk).
(4)
Teknologi (bahan baku, cost
of labor, sub-assemblies, dan perubahan teknologi).
(5)
Geographies (lokasi, nusantara)
(6)
Sosial budaya (cita rasa, nilai yang
beruang).
ii).
Analisis Keadaan Intern Perusahaan:
(1)
Organisasi (misi, maksud, dan
tujuan; Sarana/fasilitas dan teknologi yang dimiliki; Sistem dan prosedur
kerja).
(2)
Fungsi perusahaan (produksi,
pemasaran, keuangan, personalia – SDM).
4.
PERALATAN ANALISIS :
i).
Peramalan
ii).
Arti dan peranan peramalan (REPO:
rasional, estimate, preparasi, dan operasional).
iii).
Ruang lingkup peramalan.
iv).
Langkah peramalan.
v).
Teknik dan metode peramalan.
vi).
Contoh peramalan
CONTOH RENCANA STRATEGIS PT. DANONE
AQUA
VISI :
AQUA telah menjadi bagian dari
keluarga sehat Indonesia lebih selama lebih dari 30 tahun. Sebagai npelopor air
minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang
tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA
tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume
penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air
mineral.
MISI :
AQUA selalu ingin
melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia, di antaranya program
AKSI ( AQUA untuk keluarga sehat Indonesia) dan AUAI (AQUA untuk anak
Indonesia).
sambungannya mana?
BalasHapussambungannya mana?
BalasHapussambungannya mana?
sambungannya mana?
sambungannya mana?
sambungannya mana?
sambungannya mana?
sambungannya mana?
sambungannya mana?
sambungannya mana?
sambungannya mana?
sambungannya mana?
Iyaa
BalasHapusSambuungannya mana!
Iyaa
BalasHapusSambuungannya mana!
thx
BalasHapusmerit casino review【WG】nba league betting odds
BalasHapus【nba league betting odds】,nba league betting odds 메리트카지노 today,nba league betting odds,nba league betting odds,nba league betting 메리트 카지노 고객센터 tips,best team 바카라 사이트